3 Fakta D-Day, Invasi yang Mengubah Jalan Perang Dunia II

Kamis, 06 Juni 2024 - 17:50 WIB
D-Day menjadi invasi yang mengubah jalan Perang Dunia II. Foto/AP
PARIS - Invasi D-Day pada tanggal 6 Juni 1944 ke Prancis yang diduduki Nazi merupakan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam skala dan keberanian, menggunakan armada kapal, pasukan, pesawat, dan kendaraan terbesar yang pernah ada untuk melubangi Pertahanan Adolf Hitler di Eropa Barat dan mengubah jalannya Perang Dunia II.

Saat para veteran dan pejabat dunia berkumpul di Normandia untuk memperingati 80 tahun pendaratan tersebut, dunia mengetahui operasi itu menjadi peristiwa penting di dunia.

3 Fakta D-Day, Invasi yang Mengubah Jalan Perang Dunia II

1. 160.000 Tentara Mendarat di Normandia



Foto/AP

Melansir AP, hampir 160.000 tentara Sekutu mendarat di Normandia pada tanggal 6 Juni 1944. Dari jumlah tersebut, 73.000 berasal dari Amerika Serikat dan 83.000 dari Inggris dan Kanada. Pasukan dari beberapa negara lain juga terlibat, termasuk pasukan Prancis yang bertempur bersama Jenderal Charles de Gaulle.



Sekutu menghadapi sekitar 50.000 pasukan Jerman.

Lebih dari 2 juta tentara Sekutu, pelaut, pilot, petugas medis, dan orang lain dari berbagai negara terlibat dalam Operasi Overlord secara keseluruhan, pertempuran untuk merebut Prancis barat dari kendali Nazi yang dimulai pada D-Day.

2. 11.000 Pesawat Tempur Dilibatkan



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More