Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

Kamis, 25 April 2024 - 15:45 WIB
PM Spanyol Pedro Sanchez memilih cuti dari tugasnya. Foto/AP
BARCELONA - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez mengatakan dia akan menangguhkan tugas publik hingga minggu depan untuk memutuskan apakah dia ingin terus memimpin pemerintahan setelah pengadilan meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya.

Sanchez, yang tahun lalu mendapatkan masa jabatan lagi untuk Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE) sebagai pemimpin pemerintahan koalisi minoritas, mengatakan dia akan mengumumkan keputusannya pada Senin, 29 April.

"Saya sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan apakah layak... memimpin pemerintahan atau meninggalkan kehormatan ini," tulisnya dalam surat yang dibagikan di akun X-nya.

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

1. Istri PM Sanchez Diduga Terlibat Korupsi



Foto/AP



Melansir Reuters, Pengadilan Spanyol mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya, Begona Gomez, atas dugaan penyelundupan pengaruh dan korupsi bisnis menyusul pengaduan yang diajukan oleh kelompok kampanye anti-korupsi Manos Limpias - Clean Hands - yang pemimpinnya memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang jauh di atas. Kanan.

Pengadilan tidak memberikan rincian lebih lanjut karena kasus ini masih dalam tahap awal dan tertutup.

Manos Limpias menuduh Gomez menggunakan pengaruhnya sebagai istri perdana menteri untuk mendapatkan sponsor bagi program gelar master di universitas yang ia jalankan.

Manos Limpias menggunakan instrumen hukum unik Spanyol yang dikenal sebagai "tuduhan rakyat" untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pihak ketiga. Hakim dapat memilih apakah akan menindaklanjuti pengaduan tersebut atau tidak, dan tidak semua tuduhan mengarah pada penyelidikan yudisial.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More