Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Serangan Drone dan Rudal Iran ke Israel

Minggu, 14 April 2024 - 19:40 WIB
Drone dan rudal penjelajah Iran menarget sejumlah wilayah di Israel. Para pemimpin dunia memberikan beragam reaksinya. Foto/AP
TEL AVIV - Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengatakan pihaknya meluncurkan puluhan drone dan rudal ke Israel pada Sabtu malam (13/4/2024). Itu merupakan serangan yang dapat menyebabkan eskalasi besar antara musuh bebuyutan regional tersebut.

Deretan Reaksi Pemimpin Dunia atas Serangan Drone dan Rudal Iran ke Israel

1. PM Israel Benjamin Netanyahu

“Dalam beberapa tahun terakhir, dan terutama dalam beberapa minggu terakhir, Israel telah bersiap menghadapi serangan langsung oleh Iran. Sistem pertahanan kami telah dikerahkan; kami siap menghadapi skenario apa pun, baik secara defensif maupun ofensif. Negara Israel kuat. IDF kuat. kuat. Masyarakatnya kuat.

"Kami mengapresiasi sikap AS yang mendampingi Israel, serta dukungan Inggris, Prancis, dan banyak negara lainnya. Kami telah menetapkan prinsip yang jelas: Siapa pun yang merugikan kami, kami akan merugikan mereka. Kami akan membela diri terhadap ancaman apa pun dan akan melakukan hal yang sama." berkepala dingin dan penuh tekad."



2. Misi Iran di PBB

"... Tindakan militer Iran merupakan respons terhadap agresi rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus. Masalah ini dapat dianggap selesai.



“Namun, jika rezim Israel melakukan kesalahan lagi, respons Iran akan jauh lebih parah. Ini adalah konflik antara Iran dan rezim Israel yang jahat, yang mana AS HARUS MENJAUHINYA!”

3. Presiden AS Joe Biden

“Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terkini mengenai serangan Iran terhadap Israel. Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat.”

4. Ketua DPR AS Mike Johnson

“Saat Israel menghadapi serangan kejam dari Iran, Amerika harus menunjukkan tekad penuh untuk mendukung sekutu penting kita. Dunia harus yakin: Israel tidak sendirian.”

:Kemampuan pertahanan dan ofensif kita berada pada tingkat kesiapan tertinggi menjelang serangan besar-besaran dari Iran ini. Bersama dengan mitra kami."

5. Sekjen PBB Antonio Guterres

“Saya mengutuk keras eskalasi serius yang ditunjukkan oleh serangan besar-besaran yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini. Saya menyerukan penghentian segera permusuhan ini."

“Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi konflik di kawasan ini. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin guna menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai lini di Timur Tengah.

“Saya telah berulang kali menekankan bahwa baik kawasan maupun dunia tidak mampu melakukan perang lagi.”

6. PM Inggris Rishi Sunak

“Saya mengutuk keras serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel. Serangan ini berisiko mengobarkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kawasan. Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di negaranya sendiri."

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak. Bersama sekutu kami, kami segera berupaya menstabilkan situasi dan mencegah eskalasi lebih lanjut. Tidak ada yang ingin melihat lebih banyak pertumpahan darah.”

7. PM Kanada Justin Trudeau

"Kanada dengan tegas mengutuk serangan udara Iran terhadap Israel. Kami mendukung Israel. Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada 7 Oktober, tindakan terbaru rezim Iran akan semakin menggoyahkan kawasan dan mempersulit perdamaian abadi."

“Serangan-serangan ini sekali lagi menunjukkan ketidakpedulian rezim Iran terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan. Kami mendukung hak Israel untuk membela diri dan rakyatnya dari serangan-serangan ini.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More