Pesawat Rusia Angkut 65 Tawanan Ukraina Jatuh Dirudal, Ini Respons Kyiv

Kamis, 25 Januari 2024 - 07:09 WIB
Pesawat Rusia pembawa 74 orang, termasuk 65 tawanan Ukraina, jatuh di Belgorod. Moskow klaim pesawat itu ditembak jatuh pasukan Kyiv dengan rudal. Foto/Sky News
KYIV - Pesawat militer Rusia pembawa 74 orang, termasuk 65 tawanan perang Ukraina, telah jatuh dan meledak di Belgorod. Moskow menyebut pesawat itu ditembak jatuh dengan rudal oleh pasukan Kyiv.

Sebanyak 65 tawanan perang Ukraina yang menjadi korban itu sedianya akan ditukar dengan tawanan asal Rusia.

“Semua orang di dalamnya tewas,” kata Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan sebuah pesawat besar jatuh dari langit dalam posisi miring di Belgorod. Pesaat itu akhirnya meledak dan memunculkan bola api.





“Sekitar pukul 11.00 waktu Moskow, sebuah pesawat IL-76 jatuh di wilayah Belgorod selama penerbangan rutin,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

“Di dalam kapal terdapat 65 tentara Ukraina yang ditangkap dan diangkut ke wilayah Belgorod untuk ditukar, enam anggota awak dan tiga pengawal,” lanjut kementerian itu.

Klaim Rusia tentang siapa yang berada di dalam pesawat atau apa yang menyebabkan pesawat tersebut jatuh belum bisa diverifikasi secara independen.

Pada Rabu malam, badan intelijen Ukraina mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya mengenai siapa saja yang berada di dalam pesawat tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More