Perbandingan 2 Kekuatan Nuklir Asia yang Bermusuhan, Siapa Lebih Unggul?

Rabu, 24 Januari 2024 - 20:40 WIB
Pakistan memiliki kekuatan nuklir yang bisa memicu perang besar melawan India. Foto/Reuters
ISLAMABAD - India dan Pakistan merupakan dua negara yang memiliki senjata nuklir. Kedua negara tersebut saling bermusuhan dan pernah terlibat dalam perang. Jika kedua negara berperang, maka perang nuklir di Asia bisa saja terjadi.

Global Firepower Index, sebuah platform data yang menganalisis statistik untuk menentukan kemampuan perang konvensional suatu negara, mengungkapkan India menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan militer terkuat di dunia, tepat di belakang AS, Rusia, dan China.

Sementara itu, Pakistan, negara tetangga yang beberapa kali berperang dengan India sejak kemerdekaannya dan memerangi terorisme yang disponsori negara, berada di peringkat sembilan dalam indeks tersebut.

Perbandingan 2 Kekuatan Nuklir Asia yang Bermusuhan, Siapa Lebih Unggul?



Global Firepower Index mempertimbangkan data dari 60+ faktor, yang mencakup PDB suatu negara, populasi, kekuatan militer, daya beli, dll. untuk menentukan potensi tempur suatu negara jika terjadi perang konvensional besar-besaran.



1. Populasi dan PDB



Foto/Reuters

Melansir NDTV, India adalah negara terpadat kedua di dunia dan Pakistan berada di peringkat kelima. India memiliki lebih dari 65 juta orang yang memiliki tenaga kerja. Sedangkan Pakistan memiliki lebih dari 10 juta. Populasi muda dalam jumlah besar yang telah mencapai usia militer dan siap untuk bertugas, lebih disukai India dibandingkan dengan ketersediaan tenaga kerja di Pakistan.

Dalam Anggaran Persatuan tahun 2023-2024, India mengalokasikan 13 persen anggarannya untuk pertahanan sebesar 5,94 triliun rupee (USD73,8 Miliar), sementara Pakistan memiliki anggaran pertahanan sebesar USD6,34 Miliar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More