7 Fakta Penyakit Rusa Zombie yang Menjadi Ancaman pada 2024

Minggu, 31 Desember 2023 - 21:21 WIB
Penyakit rusa zombie menjadi ancaman pada 2024. Foto/Reuters
WASHINGTON - Dalam apa yang para ilmuwan sebut sebagai “bencana yang bergerak lambat”, “penyakit rusa zombie” menyebar ke seluruh Amerika Serikat setelah sebuah kasus terdeteksi di Taman Nasional Yellowstone.

Penyakit mematikan ini belum ada obatnya dan umum terjadi pada rusa dan elk, namun penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini dapat menyebar ke manusia. Banyak ahli menyebutkan penyakit rusa zombie bisa menjadi ancaman pada 2024.

7 Fakta Penyakit Rusa Zombie yang Menjadi Ancaman pada 2024

1. Awal Penyebarannya Masih Misterius



Foto/Reuters

Rusa zombie adalah penyakit pengecilan kronis (CWD) yang pertama kali muncul pada rusa, elk, rusa kutub, rusa sika, dan rusa besar. Itu diungkapkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sebuah badan kesehatan nasional di AS. Tidak jelas bagaimana nama “rusa zombie” muncul.



Penyakit ini menggerogoti otak hewan-hewan tersebut dan menyebabkan gejala mirip demensia, yang pada akhirnya menyebabkan kematian. Juga tidak ada pengobatan atau vaksin.

2. Disebarkan oleh Sekumpulan Protein



Foto/Reuters

CWD disebarkan oleh prion – sekumpulan protein yang hampir tidak dapat dihancurkan dan mempengaruhi hewan dan manusia. Penyakit ini menyebabkan sejenis gangguan neurodegeneratif progresif yang langka – yang berarti penyakit ini memengaruhi sistem saraf dan secara bertahap memburuk.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More