5 Kekuatan Terowongan Hamas, dari Tahan terhadap Banjir dan Menampung Mobil

Minggu, 17 Desember 2023 - 21:21 WIB
Hamas mengklaim terowongan Gaza memiliki banyak keunggulan. Foto/Reuters
GAZA - Terowongan Gaza menjadi kekuatan utama Hamas dalam perang melawan Israel. Banyak tentara Israel dibantai dengan mudah oleh Hamas karena strategi terowongan. Hamas pun mengaku tidak takut dengan upaya membanjiri terowongan dengan air laut.

Terowongan Gaza juga menjadi pengubah permainan yang tangguh sehingga memperkuat posisi Hamas di mata pasukan Israel.

Berikut Adalah 5 Kekuatan Terowongan Hamas

1. Dibangun Insinyur dan Ahli Teknik Terowongan Terbaik



Foto/Reuters

Seorang juru bicara Hamas Osama Hamdan mengatakan kelompok itu telah membangun terowongannya untuk menahan kemungkinan upaya memompa air ke dalamnya.



“Terowongan tersebut dibangun oleh para insinyur terlatih dan terdidik yang mempertimbangkan semua kemungkinan serangan dari pendudukan, termasuk pemompaan air,” kata Hamdan pada konferensi pers di ibu kota Lebanon, Beirut, dilansir The National News.

Namun terowongan tersebut juga berperan sebagai jalur kehidupan ekonomi bagi penduduk Gaza, mengangkut orang, barang dan kadang-kadang bahkan makanan cepat saji Amerika di tengah blokade 17 tahun yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir.

Terowongan secara historis digunakan sebagai alat peperangan. Mereka digunakan oleh Perancis pada periode antar perang, oleh Al Qaeda di pegunungan Afghanistan dan oleh Viet Cong di hutan-hutan Asia Tenggara.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More