Terbukti Gunakan Bom Fosfor Putih, Israel Melakukan Kejahatan Perang

Selasa, 12 Desember 2023 - 06:17 WIB
Israel menggunakan bom fosfor putih yang berbahaya dalam menyerang Lebanon dan Gaza. Foto/Reuters
GAZA - Israel nyata-nyata menggunakan bom fosfor putih yang sangat berbahaya bagi warga sipil. Itu dikategorikan sebagai kejahatan perang.

Dewan Hubungan Amerika-Islam mengecam apa yang disebutnya sebagai penggunaan bahan pembakar atau bom fosfor putih yang “melanggar hukum” oleh Israel di wilayah sipil. Itu mengutip laporan Washington Post yang mendokumentasikan penyebaran fosfor putih yang dipasok AS di Lebanon.

“Laporan penggunaan fosfor putih oleh pemerintah Israel adalah kejahatan perang mengerikan yang harus dikutuk, diselidiki, dan diatasi oleh negara kita,” kata Wakil Direktur CAIR Edward Ahmed Mitchell.

“Negara kita juga harus segera mengakhiri semua dukungan material terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pemerintah Israel terhadap warga sipil.”

Para pejabat AS telah menyatakan keprihatinannya terhadap laporan Washington Post. Israel telah menekankan bahwa militernya mematuhi hukum perang.



Matthew Alan Miller, juru bicara Departemen Luar Negeri, mengatakan pemerintah “prihatin” dengan laporan Washington Post yang mendokumentasikan penggunaan fosfor putih yang dipasok AS oleh Israel di Lebanon.

Fosfor putih adalah zat beracun dan sangat mudah terbakar yang dapat membakar logam dan penggunaannya di wilayah sipil dilarang berdasarkan hukum internasional.



“Kapan pun kami memberikan barang-barang seperti fosfor putih, atau apa pun kepada militer lain, kami melakukannya dengan harapan bahwa barang-barang tersebut akan digunakan untuk tujuan yang sah dan sepenuhnya sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional dan hukum konflik bersenjata,” kata Miller.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More