Setelah 2 Bulan Berperang, Bagaimana Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas?

Senin, 11 Desember 2023 - 22:02 WIB
“Mereka belum punya rencana untuk menggunakannya di Gaza… jaraknya terlalu dekat.”

Kekuatan Militer Hamas



Foto/Reuters

"Hamas adalah salah satu organisasi gerilya dengan persenjataan paling lengkap di dunia," kata Profesor Clarke.

"Mereka tidak memiliki jenis kendaraan lapis baja yang sama dengan Israel karena berbagai alasan, termasuk bahwa mereka akan menjadi target serangan Israel," katanya.

“Mereka beroperasi dari kendaraan utilitas seperti Land Rover Discovery dan memasang senjata di belakang, seperti senapan mesin berat kaliber 30.”

Ini bisa sangat mobile dan telah digunakan untuk menimbulkan dampak yang menghancurkan.



Meskipun Israel memiliki sistem pertahanan udara Iron Dome yang tangguh, Hamas mampu membanjiri Israel dengan sejumlah roket seperti yang mereka lakukan dalam beberapa hari terakhir.

Rudal ini menggunakan versi berbeda dari rudal balistik permukaan-ke-permukaan Fateh-110 buatan Iran yang dapat bergerak di jalan raya dan dapat membawa hulu ledak dengan berat hingga 500kg.

Hamas juga memiliki rudal anti-tank yang mirip dengan Stinger milik AS.

“Hamas mempunyai perlengkapan yang sangat baik dalam hal-hal tertentu dan mereka dilatih untuk menggunakannya,” kata Profesor Clarke.

Warga Palestina mengibarkan bendera Hamas dan Palestina (kiri, bawah) saat unjuk rasa merayakan apa yang mereka katakan sebagai kemenangan warga Palestina di Gaza atas Israel setelah gencatan senjata, di kota Hebron, Tepi Barat, 29 Agustus 2014. 4:54

Ketika ditanya berapa banyak pejuang yang dimiliki Hamas, Profesor Clarke mengatakan mereka sebelumnya diperkirakan memiliki sekitar 10.000 pejuang, namun menambahkan bahwa "ketika kekerasan terjadi, mereka dapat memobilisasi banyak orang".
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More