Hamas Bebaskan 24 Sandera pada Hari Pertama Gencatan Senjata di Gaza

Sabtu, 25 November 2023 - 00:39 WIB
Hamas mulai membebaskan sandera. Foto/Reuters
GAZA - Pejuang Hamas membebaskan 24 sandera pada Jumat pada hari pertama gencatan senjata pertama perang, kata Palang Merah, termasuk perempuan dan anak-anak Israel serta pekerja pertanian Thailand.

Sembilan jam setelah senjata berhenti digunakan untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu, Palang Merah mengatakan mereka telah memulai operasi untuk memfasilitasi pemindahan sandera di Gaza ke Israel sebagai imbalan bagi warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Dua puluh empat sandera dipindahkan keluar dari Gaza dan diserahkan kepada pihak berwenang Mesir di perbatasan Rafah, didampingi oleh delapan anggota staf Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dalam konvoi empat mobil, kata ICRC.



Qatar, yang bertindak sebagai mediator perjanjian gencatan senjata, mengatakan 13 warga Israel telah dibebaskan, beberapa di antaranya memiliki kewarganegaraan ganda, ditambah 10 warga Thailand dan seorang warga Filipina. Tiga puluh sembilan perempuan dan anak-anak Palestina dibebaskan dari penjara-penjara Israel sebagai imbalan atas 13 warga Israel tersebut.

“Rasa sakit mendalam yang dirasakan anggota keluarga karena terpisah dari orang yang mereka cintai tidak dapat digambarkan. Kami lega bahwa beberapa dari mereka akan bersatu kembali setelah penderitaan yang lama,” kata Fabrizio Carboni, direktur regional ICRC untuk Timur Dekat dan Tengah.



Militer Israel mengatakan para sandera yang dibebaskan telah dibawa ke Israel.

“Para sandera yang dibebaskan menjalani pemeriksaan medis awal di dalam wilayah Israel. Mereka akan terus ditemani oleh tentara IDF saat mereka menuju rumah sakit Israel, di mana mereka akan bertemu kembali dengan keluarga mereka,” kata militer Israel.

Berdasarkan ketentuan gencatan senjata Israel-Hamas yang berlangsung selama empat hari, 50 sandera perempuan dan anak-anak akan dibebaskan dalam waktu empat hari, sebagai imbalan bagi 150 perempuan dan anak-anak Palestina di antara ribuan tahanan di penjara-penjara Israel. Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang jika lebih banyak sandera yang dibebaskan sebanyak 10 sandera per hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More