Kekuatan Militer Iran, Yordania, Yaman, dan Lebanon Apabila Berkoalisi

Senin, 13 November 2023 - 14:37 WIB
Militer Iran jadi penyumbang kekuatan terbesar jika berkoalisi dengan Yordania, Yaman, dan Lebanon. Foto/REUTERS
JAKARTA - Kekuatan militer sejumlah negara telah mengalami peningkatan signifikan seiring waktu. Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah kawasan Timur Tengah.

Terlepas dari statusnya yang mungkin banyak dianggap sebagai wilayah rentan konflik, Timur Tengah terdiri atas negara-negara dengan militer kuat. Misalnya, bisa disebutkan seperti Iran, Lebanon, Yaman, hingga Yordania.

Sebagaimana diketahui, masing-masing di antaranya memiliki kekuatan militer mumpuni yang tak bisa diremehkan. Namun, sepertinya akan sangat kuat jika negara-negara tersebut bersatu dan membangun koalisi.

Kekuatan Militer Iran, Lebanon, Yaman, dan Yordania Jika Berkoalisi

1. Jumlah Tentara





Jika berkoalisi, keempat kekuatan ini akan mengumpulkan sekitar 790.000 personel aktif. Iran menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah 575.000 tentara. Sementara sisanya adalah Yaman (45.000), Yordania (90.000), dan Lebanon (80.000).

Selain itu, mereka juga memiliki 415.000 tentara cadangan. Iran kembali menjadi penyumbang terbesar dengan 350.000 personel.

Ada juga kumpulan pasukan paramiliter yang bisa dihimpun masing-masing negara jika berkoalisi. Jumlahnya bisa mencapai 505.000 personel.

2. Persenjataan Darat

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More