5 Negara Amerika Latin yang Jadi Pendukung Palestina, 3 Sudah Putuskan Hubungan dengan Israel

Kamis, 09 November 2023 - 14:17 WIB
Demonstran pendukung Palestina mengecam genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza, saat unjuk rasa di Caracas, Venezuela. Foto/Venezuelan Ministry of Peoples Power
CARACAS - Ada sejumlah negara Amerika Latin yang menjadi pendukung Palestina. Beberapa di antaranya bahkan sudah memutuskan hubungannya dengan Israel.

Serangan Israel terhadap Jalur Gaza semakin ganas. Banyaknya korban jiwa yang berjatuhan ini membuat sejumlah negara di dunia memberi reaksi.

Terbaru, bisa disebutkan seperti Bolivia yang berani memutus hubungan diplomatik dan menarik duta besarnya dari Israel. Selain Bolivia, ternyata masih ada beberapa negara Amerika Latin lain yang turut mendukung Palestina. Siapa sajakah mereka?

Negara Amerika Latin yang Mendukung Palestina

1. Venezuela





Venezuela memiliki riwayat panjang dalam hubungannya dengan Israel. Pada awal pendirian Israel, mereka menjadi salah satu negara yang menjalin hubungan diplomatik dan mendukung keanggotaan negara Yahudi itu di PBB.

Mengutip laman Middle East Monitor, Kamis (9/11/2023), seiring waktu hubungan tersebut berubah total. Saat era Presiden Hugo Chavez, Venezuela memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai tanggapan pengeboman Gaza tahun 2008-2009.

Tak hanya itu, mereka juga mengusir duta besar Israel beserta stafnya, hingga menutup kantor kedutaan besar di Caracas.

Setelah itu, Venezuela beralih menjalin hubungan diplomatik dengan Palestina dan memberikan akses untuk membuka kedutaan besar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More