Kemhan Boyong Kapal Selam Penyelamat dari Inggris

Rabu, 13 September 2023 - 21:09 WIB
Kemhan boyong kapal selam penyelamat Inggris senilai Rp1,5 triliun. Foto/CNA
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengatakan telah menandatangani perjanjian untuk membeli kapal selam penyelamat dari Inggris senilai USD100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. Ini adalah langkah terbaru untuk memodernisasi peralatan militer yang sudah tua.

Kesepakatan antara perusahaan yang ditunjuk sebagai mitra Kementerian Pertahanan, PT BTI Indo Tekno, produsen kapal Submarine Manufacturing & Products, dan Houlder ditandatangani pada Selasa di sela-sela pameran pertahanan di London.

Kapal selam buatan Inggris ini dirancang untuk operasi penyelamatan cepat, dapat memuat 50 orang dan dapat diangkut dengan pesawat.



"Kapal selam ini akan dikirim dengan kapal induknya," kata Kementerian Pertahanan seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (13/9/2023).



Indonesia tidak memiliki kapal penyelamat ketika salah satu dari lima kapal selamnya tenggelam dalam latihan torpedo di Laut Bali pada tahun 2021, menewaskan 53 awak kapal.



Foto: Marine Link

“Ini adalah bagian dari misi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk meningkatkan kemampuan angkatan laut Indonesia,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More