4 Negara Arab yang Memiliki Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel

Rabu, 09 Agustus 2023 - 17:33 WIB
Ada empat negara Arab yang menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel. Salah satunya Mesir, negara yang dulunya benci dengan Israel. Foto/REUTERS
JAKARTA - Ada sejumlah negara Arab yang memiliki diplomatik penuh dengan Israel. Salah satunya memiliki riwayat kebencian yang panjang dan sering berperang.

Terlepas dari sejarah perseteruan negara-negara Arab dengan Israel, beberapa di antaranya telah melunak dan mulai membuka hubungan. Tak sekadar kerja sama di satu sektor, namun juga termasuk hubungan diplomatik.

Alasannya mereka menjalin hubungan diplomatik secara penuh cukup beragam. Ada yang berdalih untuk menjaga stabilitas keamanan Timur Tengah, membujuk Israel supaya berdamai dengan Palestina, dan masih banyak lainnya.

Negara Arab yang Memiliki Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel

1. Yordania





Yordania merupakan salah satu negara di kawasan Asia Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Arab Saudi di selatan dan timur, Irak di timur laut, Suriah di utara, dan Palestina serta Israel di barat.

Yordania menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel sejak 27 November 1994.

Dasar dari jalinan hubungan diplomatik ini adalah pelaksanaan perjanjian damai kedua negara. Israel dan Yordania juga terikat 15 perjanjian bilateral yang telah ditandatangani dan diratifikasi. Pelaksanaan rentetan perjanjian itu berjalan mulus.

Kemajuan ini tak terlepas dari kebutuhan masing-masing negara. Di satu sisi, Israel membutuhkan Yordania sebagai penyangga keamanan. Sebaliknya, Amman juga memiliki kebutuhan air dan stabilitas ekonomi dari Tel Aviv.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More