5 Pasukan Elite Rusia yang Disegani, Salah Satunya Dijuluki Prajurit Kelelawar

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 14:11 WIB
Pasukan khusus Rusia bertugas di medan perang Ukraina. Foto/TASS
MOSKOW - Pasukan elite Rusia yang telah musnah akibat perang dengan Ukraina sempat jadi berita hangat. Kabar tersebut diedarkan oleh media-media barat yang mendukung Kyiv dalam perang yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun itu.

Perang di Ukraina telah memusnahkan pasukan elite Rusia, dan Moskow membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangunnya kembali, menurut penilaian rahasia AS yang diperoleh The Washington Post.

Meski begitu, informasi tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya. Dikutip dari New York Post, temuan itu merupakan salah satu dari banyaknya informasi rahasia yang bocor secara online.

5 Pasukan Elite Rusia yang Disegani

Berita yang menyebar lantas membuat banyak orang penasaran akan pasukan elite apa saja yang dimiliki Moskow. Untuk menjawab rasa penasaran itu, berikut ini ulasan tentang pasukan elite Rusia yang dilansir dari Russia Beyond.

1. GRU Spetsnaz

Pasukan elite Rusia satu ini telah berdiri sejak tahun 1950. Pasukan ini dikenal sebagai mata dan telinga Angkatan darat. Bahkan mereka acap kali mendapat julukan pasukan kelelawar karena sering beroperasi pada malam hari.



GRU Spetsnaz telah banyak menjalani berbagai misi, seperti di Angola, Beirut, Vietnam, Afghanistan, hingga Kamboja. Mereka bahkan dikatakan pernah berhasil mencuri helikopter AH-1 Cobra baru dari pangkalan Amerika.



2. FSB Spetsnaz

Satuan ini dibentuk ketika Moskow bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1980. Karena sebelumnya sempat terjadi aksi terorisme di Olimpiade Munich 1972. FSB Spetsnaz dibentuk dengan tujuan menjalankan tugas anti-terorisme.

Operasi FSB Spetsnaz yang paling terkenal muncul ketika beraksi di Istana Tajbeg di Afghanistan dan melakukan pembunuhan Presiden Afghanistan Hafizullah Amin pada tahun 1979. Mereka juga sempat unjuk gigi di Chechnya, kelompok ini berusaha membebaskan sebuah rumah sakit di Budyonnovsk, yang disita oleh teroris.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More