Pabrik Pfizer di North Carolina Hancur Lebur Dihantam Tornado

Kamis, 20 Juli 2023 - 08:20 WIB
Pabrik Pfizer rusak parah setelah tornado menerjang Rocky Mount, North Carolina, AS, 19 Juli 2023. Foto/ABC Affiliate WTVD/REUTERS.
WASHINGTON - Tornado merusak parah pabrik farmasi besar Pfizer di North Carolina pada Rabu (19/7/2023). Ini merupakan musibah terbaru dari serangkaian peristiwa cuaca ekstrem yang melanda Amerika Serikat (AS) pada hari ketika banjir melanda komunitas di Kentucky dan panas terikmemanggang Phoenix dan Miami.

Perusahaan farmasi Pfizer mengkonfirmasi satu kompleks besar pabrik mereka rusak oleh angin puting beliung yang merobek daerah Rocky Mount. Meski demikian, mereka mengatakan dalam email tidak ada laporan cedera serius di fasilitas tersebut.

“Pabrik Pfizer yang menyimpan obat-obatan dalam jumlah besar hancur oleh badai,” ungkap Sheriff Nash County Sheriff Keith Stone.

Dia menambahkan, “Saya mendapat laporan tentang 50.000 palet obat yang berserakan di seluruh fasilitas dan rusak karena hujan dan angin.”

Pfizer adalah salah satu pemberi kerja terbesar di Nash County, di mana kantor sheriff juga mengonfirmasi kerusakan di beberapa rumah.



Sementara itu, serangan suhu yang membakar dan meningkatnya air banjir terus melanda daerah lain di AS.

Phoenix memecahkan rekor suhu sepanjang masa. Tim penyelamat mengevakuasi orang dari rumah dan kendaraan yang dilanda hujan lebat di Kentucky.

Peramal cuaca mengatakan ada sedikit kelegaan yang terlihat dari hari-hari cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah.



Miami telah mengalami indeks panas 100 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius) atau lebih selama berminggu-minggu, dengan suhu diperkirakan akan naik akhir pekan ini.

Di Kentucky, ahli meteorologi memperingatkan tentang "situasi yang mengancam jiwa" di komunitas Mayfield dan Wingo, yang dilanda banjir bandang dari gelombang badai petir.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengumumkan keadaan darurat pada Rabu untuk membantu masyarakat yang terkena dampak karena lebih banyak badai yang mengancam.



Layanan Cuaca Nasional juga mengeluarkan peringatan banjir bandang dan peringatan di beberapa wilayah negara bagian dekat Kentucky.

Peramal cuaca memperkirakan curah hujan hingga 10 inci (25 sentimeter) dapat turun di Kentucky, Illinois, dan Missouri di daerah tempat pertemuan sungai Ohio dan Mississippi.

Sistem badai diperkirakan akan bergerak Kamis dan Jumat di atas New England, di mana tanah tetap jenuh setelah banjir baru-baru ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More