Putin Dilaporkan Pecat Jenderal Gerasimov sebagai Panglima Perang Rusia di Ukraina

Senin, 10 Juli 2023 - 07:01 WIB
Presiden Vladimir Putin dilaporkan telah memecat Jenderal Valery Gerasimov sebagai panglima perang Rusia di Ukraina. Foto/Kremlin.ru
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin dilaporkan telah memecat Jenderal Valery Gerasimov, sangpanglima perang Rusia dalam pertempuran melawan Ukraina.

Laporan itu diterbitkan media independen Rusia, The Moscow Times, Senin (10/7/2023).

Laporan yang mengutip saluran Telegram pro-perang Rusia tersebut menyebutkan bahwa langkah itu merupakan lanjutan pembersihan yang dilakukan Putin terhadap para petinggi militer setelah upaya kudeta tentara bayaran Wagner Group bulan lalu.





Laporan itu mengatakan Jenderal Valery Gerasimov (67), yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Umum Militer Rusia, telah digulingkan sebagai komandan perang kurang dari enam bulan setelah dia diangkat.

Gerasimov, lanjut laporan tersebut, telah digantikan oleh Kolonel Jenderal Mikhail Teplinskiy.

Langkah Putin tersebut—yang belum dikonfirmasi secara resmi oleh Kremlin—adalah pergolakan terbaru dalam komando invasi Rusia ke Ukraina yang telah berjalan hampir 17 bulan.

Selama perang, Putin telah memecat beberapa pemimpin militer termasuk Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev, juga dikenal sebagai "Jagal Mariupol", serta Jenderal Rustam Muradov yang berada di balik pembantaian di Vuhledar awal tahun ini.

Gerasimov akan tetap bertanggung jawab atas Angkatan Bersenjata Rusia sebagai Kepala Staf Umum, tetapi tanggung jawab keseluruhan untuk perang sekarang berada di tangan Teplinskiy.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More