6 Rudal Canggih Iran yang Menggemparkan, Nomor Terakhir Baru Diperkenalkan

Jum'at, 09 Juni 2023 - 17:30 WIB
Enam rudak canggih Iran yang menggemparkan dunia, nomor terakhir baru diperkenalkan. Foto/Ilustrasi
LUTFAN FAIZI - Terdapat cukup banyak rudal canggih Iran yang memiliki kemampuan mumpuni dan ditakuti musuhnya. Salah satunya adalah Fattah, sebuah rudal hipersonik yang baru diperkenalkan ke publik beberapa waktu lalu.

Melihat statusnya, tak dipungkiri Iran merupakan salah satu kekuatan militer yang disegani negara-negara lain. Negara di kawasan Timur Tengah ini memang dikenal memiliki banyak persenjataan mengerikan, termasuk deretan rudal canggihnya. Berikut di antaranya.

Rudal Canggih Iran yang Ditakuti Musuhnya

1. Fateh-313



Foto: Defense Update





Fateh-313 adalah salah satu rudal balistik jarak pendek yang dimiliki Iran. Dalam riwayatnya, rudal ini menjadi versi upgrade dari Fateh-110 yang sebelumnya dimiliki Teheran.

Mengutip Missile Threat, Fateh-313 pertama kali diluncurkan saat peringatan ‘Hari Industri Pertahanan’ 2015. Secara desain, rudal ini memiliki kemiripan dengan pendahulunya.

Adapun peningkatan yang dilakukan termasuk pada pengurangan bobot peluncuran, hingga performanya. Fateh-313 dirancang untuk memiliki jangkauan yang lebih luas dari Fateh-110, yakni mencapai 500 km.

Dalam riwayat operasinya, Fateh-313 dikabarkan pernah terjun langsung saat Iran berkonflik dengan Amerika Serikat tahun 2020 lalu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More