Apa yang Dapat Diberikan Finlandia ke NATO? Ada 3 Manfaat

Kamis, 06 April 2023 - 13:20 WIB
Tentara Angkatan Darat Finlandia mengikuti latihan militer. Foto/armadainternational.com
HELSINKI - NATO (North Atlantic Treaty Organization) secara resmi telah menjadikan Finlandia sebagai anggota ke-31, setelah negara tersebut melakukan pengajuan sejak Mei 2022 lalu.

Dalam menyambut anggota baru ini, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengungkapkan, "NATO kini akan semakin kuat dan aman karena Finlandia telah bergabung."

Menurut CBS News, bergabungnya Helsinki dengan NATO adalah sebagai penangkalan dan perlindungan terhadap Rusia, lantaran Finlandia memang jadi salah satu negara yang berbatasan dengan Moskow.

Lalu, apa yang dapat diberikan Finlandia ke NATO? Rupanya terdapat tiga manfaat bergabungnya negara Skandinavia ini menurut Wilson Center.

Manfaat Bergabungnya Finlandia untuk NATO





Berikut ini tiga manfaat bergabungnya Finlandia ke NATO.

1. Meningkatkan Ketahanan Cadangan Militer



Finlandia menjadi negara yang menerapkan wajib militer dengan total masa perang mencapai 280 orang. Negara ini juga memiliki infrastruktur pertahanan sipil yang kuat dan dibangun atas dasar strategi keamanan komprehensif nasional.

Ketahanan berupa kombinasi dari kemampuan, keadaan pikiran, dan etos kesiapsiagaan Finlandia menawarkan model bagi negara-negara anggota NATO untuk ditiru guna menghadapi tantangan di abad ke-21.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More