Pentagon Duga Balon Mata-mata China Bawa Bahan Peledak, Ini Tujuannya

Selasa, 07 Februari 2023 - 15:10 WIB
Balon mata-mata Cina terlihat sebelum ditembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan. Foto/Travis Huffstetler/REUTERS
WASHINGTON - Kepala Komando Utara Amerika Serikat (AS) Jenderal Glen VanHerck mengakui ada dugaan "balon pengintai China" yang ditembak jatuh AS pada Sabtu bisa saja membawa bahan peledak untuk menghancurkan dirinya sendiri dan muatannya.

Pernyataan itu diungkapkan VanHerck kepada Politico pada Senin (6/2/2023).

VanHerck juga mengonfirmasi laporan sebelumnya bahwa balon serupa telah memasuki wilayah udara AS tanpa terdeteksi sebelumnya.

VanHerck memberi tahu reporter Politico Lara Seligman bahwa balon itu tingginya mencapai 61 meter, dan membawa muatan "lebih dari beberapa ribu pound".





Jenderal tersebut menambahkan, “Balon tersebut berpotensi membawa bahan peledak untuk meledakkan dan menghancurkan balon jika perlu.”

Balon itu ditembak jatuh di lepas pantai South Carolina pada Minggu, sepekan setelah memasuki wilayah udara AS.

“Presiden AS Joe Biden diberi pengarahan tentang perjalanan balon pada Selasa,” ungkap pernyataan Gedung Putih, meskipun Biden tidak secara terbuka mengakui keberadaannya hingga Kamis, sehari setelah balon itu terlihat di langit di atas Montana oleh warga.

Presiden mengklaim dia awalnya memerintahkan balon ditembak jatuh di atas tanah, tetapi Pentagon menolak karena masalah keamanan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More