Pemerintah Iran Panggil Perwakilan Saudi di Teheran

Kamis, 09 April 2015 - 22:16 WIB
Pemerintah Iran Panggil...
Pemerintah Iran Panggil Perwakilan Saudi di Teheran
A A A
TEHERAN - Imbas konflik yang terjadi di Yaman, hubungan antara Iran dan Arab Saudi kian hari kian memanas. Perseteruan kedua negara dimulai ketika Saudi mulai melakukan serangan terhadap Yaman, yang mendapat protes keras dari Iran.

Dalam perkembangannya, pemerintah Iran dikabarkan telah memanggil perwakilan Saudi di Teheran. Melansir Reutes pada Kamis (9/4/2015), Iran ingin menyampaikan protes atas tuduhan Saudi yang menyebut mereka sebagai pihak yang membekingi Saudi.

"Pemanggilan ini disebabkan oleh tuduhan yang tidak berdasar, yang diutarakan oleh Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, kemarin," ucap pihak Kementerian Luar Negeri Iran dalam sebuah pernyataan.

Asiri merupakan juru bicara militer Saudi. Dalam pernyataannya, Asiri memang mengaku memiliki bukti kalau Iran telah memberikan pelatihan militer kepada Houthi, termasuk melatih anggota Houthi untuk bisa menerbangkan pesawat tempur.

Asiri juga yakin, Iran bukan hanya memberikan pelatihan pada Houthi, tapi Iran juga sedang berusaha untuk mengirimkan pesawat tempur kepada kelompok tersebut. "Tidak ada cara lain bagi Houhti untuk bisa mendapatkan jet tempur," ucapnya.

Sementara itu, pemerintah Suadi sendiri sampai saat ini belum memberikan komentar apapun mengenai pemanggilan perwakilan mereka oleh pemerintah Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)