Inginkan Kesepakatan Nuklir, Presiden Iran Surati Obama

Jum'at, 27 Maret 2015 - 18:46 WIB
Inginkan Kesepakatan...
Inginkan Kesepakatan Nuklir, Presiden Iran Surati Obama
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan para pemimpin dunia lainnya untuk menyetujui garis besar kesepakatan nuklir Teheran.

Menurut Rouhani, ini adalah kesempatan langka untuk membuat kesepakatan nuklir dengan Iran. Isi dari surat itu belum diketahui. Tapi Rouhani yang menjabat sebagai Presiden Iran sejak 2013 lalu diketahi juga menelepon para pemimpin Rusia, China, Inggris dan Prancis.

”Kami bertindak dalam kepentingan nasional dan internasional dan kita tidak boleh kehilangan kesempatan yang luar biasa ini,” kata Perdana Meteri Inggris, David Cameron, menirukan ucapan Rouhani dalam percakapan telepon, seperti dilansir Jerusalem Post, Jumat (27/3/2015) .

Pihak Kremlin, juga membenarkan bahwa Rouhani telah berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin."Harapan (kesepakatan nuklir) itu diungkapkan agar putaran baru pembicaraan nuklir di Lausanne, sukses,” bunyi pernyataan Kremlin mengacu pada harapan Rouhani yang disampaikan kepada Putin.

Presiden Prancis, Francois Hollande, menyatakan, bahwa Iran bersikeras menuntut hak memiliki nuklir untuk tujuan damai.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8663 seconds (0.1#10.140)