Jalankan Geng Kriminal, Pengusaha China Dieksekusi Mati

Senin, 09 Februari 2015 - 20:30 WIB
Jalankan Geng Kriminal,...
Jalankan Geng Kriminal, Pengusaha China Dieksekusi Mati
A A A
HUBEI - Seorang pengusaha di China, Liu Han, dilaporkan dijatuhi hukuman mati oleh Mahkamah Agung Rakyat Provinsi Hubei, setelah terbukti menjalankan sebuah geng kriminal. Dia dieksekusi bersama dengan lima orang lainnya, termasuk sang adik, Liu Wei.

Liu dan kelima orang lainnya akan dieksekusi paling cepat dua tahun ke depan, karena pengadilan memberikan penangguhan eksekusi selama dua tahun. Melansir Sputnik, Senin (8/2/2015), pengadilan memastikan hak-hak hukum terpidana mati juga akan diberikan sepenuhnya.

"Mereka akan diberikan kesempatan untuk bertemu keluarga mereka sebelum dieksekusi kelak. Kami akan memastikan semua hak yang dimiliki oleh para terpidana akan mereka dapatkan," ucap pihak pengadilan.

Menurut putusan pengadilan, geng kriminal yang dijalankan Liu secara ilegal telah memonopoli bisnis permainan di kota Guanghan, Provinsi Sichuan. "Mereka bertindak layaknya tiran bagi warga sekitar, dan apa yang mereka lakukan memiliki dampak serius bagi perkembangan ekonomi wilayah itu," imbuhnya.

Otoritas keamanan di China sendiri mengatakan para anggota geng pimpinan Liu telah terlibat dalam kegiatan kriminal sejak tahun 1993, terutama di Provinsi Sichuan. Selain Liu dan kelima orang tersebut, lebih dari 30 orang lainnya juga ditangkap atas tuduhan yang sama, namun mereka hanya divonis hukuman penjara seumur hidup.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)