Hadapi Ancaman China, Taiwan Pamer Kapal Perang Siluman

Sabtu, 13 Desember 2014 - 14:41 WIB
Hadapi Ancaman China, Taiwan Pamer Kapal Perang Siluman
Hadapi Ancaman China, Taiwan Pamer Kapal Perang Siluman
A A A
TAIPEI - Angkatan Laut Taiwan memamerkan kapal perang siluman pembunuh baru karya sendiri untuk menghadapi ancaman dari China.

Taiwan telah merilis sebuah video yang menampilkan rudal dari Korvet dari kapal perang siluman pembunuh bernama Tuo Jiang. Kapal perang siluman dengan berat 500 ton itu telah menjalani uji coba bulan lalu.

Menurut laporan South China Morning Post, kapal perang siluman itu mampu melesat dengan kecepatan lebih dari 38 knot.

”(Rudal) Korvet akan memainkan peran 'pembunuh' untuk menyerang kapal musuh, karena dapat berlayar dengan cepat dan mendekati target tanpa terdeteksi oleh radar dengan mudah,” tulis kantor berita resmi Taiwan yang dilansir Fox News, semalam.

Kapal perang siluman Tuo Jiang itu diklaim sebanding dengan kapal perang Amerika Serikat, USS Independence. (Baca: AS Hendak Jual Kapal Perang ke Taiwan, China Meradang)

Menurut laporan media Taiwan, kapal perang siluman terbaru Taiwan itu merupakan bagian dari program militer dengan dana US$800 juta. Program militer Taiwan itu juga membuat sekitar 11 rudal Korvet untuk melindungi diri dari ancaman kapal induk China.

Kapal perang siluman pembunuh Tuo Jiang memiliki panjang 198 meter dan lebar 46 meter lebar. Kapal yang memuat 41 awak itu akan dilengkapi juga dengan rudal Hsiung Feng II dan Hsiung Feng III.

Taiwan beberapa hari lalu juga berniat membeli dua kapal perang Amerika Serikat. Hal itu memicu kemarahan China terhadap AS. China menganggap Taiwan adalah provinsi mereka yang membangkang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)