Referendum Catalonia Bergulir

Minggu, 09 November 2014 - 16:01 WIB
Referendum Catalonia Bergulir
Referendum Catalonia Bergulir
A A A
BARCELONA - Pemerintah daerah Catalonia akhirnya tetap menyelenggarakan referendum yang sudah lama mereka impikan. Hasil referendum ini akan menentukan, apakah Catalonia akan tetap bersama Spanyol, atau pisah dari negara Matador tersebut.

Melansir Channel News Asia, Minggu (9/11/2014), referendum ini belangsung di tengah penolakan kerajaan Spanyol yang berbasis di Madrid. Pemerintah Catalan tidak tahu pasti berapa orang yang akan ikut dalam pemilihan, namun mereka mengira setidaknya 5,1 juta orang Catalan, yang berusia di atas 16 tahun akan ikut dalam pemilihan ini.

Berbeda dengan pemilihan pada umumnya, dalam surat suara di referendum Catalonia, akan terdapat dua pertanyaan, bukan dua pilihan. “Terdapat dua pertanyaan. Pertama, apakah Anda ingin Catalonia menjadi sebuah negara? Dan jika demikian, Apakah Anda ingin Catalonia menjadi negara yang mandiri?,” ungkap salah seorang sukarelawan dalam referendum ini.

Jika mayoritas warga Catalan memilih Catalonia menjadi sebuah negara, terutama menjadi sebuah negara yang mandiri, hal ini tentu akan memberikan tekanan kepada pemerintah Spanyol untuk segera memerdekakan Catalonia.

Spanyol sendiri enggan melepas Catalonia, karena wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling kaya di Spanyol. Setidaknya satu perlima pendapatan yang didapat Spanyol, meluncur dari daerah Catalonia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)