FBI Gerebek Rumah 'Snowden Kedua'

Selasa, 28 Oktober 2014 - 09:41 WIB
FBI Gerebek Rumah Snowden Kedua
FBI Gerebek Rumah 'Snowden Kedua'
A A A
WASHINGTON - FBI dilaporkan telah menggerebek rumah Glenn Greenwald, mantan wartawan yang dijuluki Snowden kedua.

Greenwald selama ini gencar mempublikasikan bocoran data rahasia NSA, mengikuti jejak bekas kontraktor NSA atau Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, Edward Joseph Snowden.

Aksi FBI itu dipicu tindakan berani Greenwald yang merilis dokumen rahasia NSA pada The Intecept, sebuah publikasi online yang didirikannya.

Bekas jurnalis Guardian itu dikenal sebagai kawan dekat Snowden, bahkan dia disebut-sebut sebagai jurnalis pertama yang memperoleh dokumen rahasia Snowden.

Sementara itu Snowden, 31, yang masih bersembunyi di Moskow, mengapresiasi sepak terjang Greenwald. ”Orang itu sangat berani,” ucap Snowden dalam rekaman video.

Mendapat pujian dari Snowden, Greenwald pun membalasnya. "Ini didorong oleh apa yang Anda lakukan,” balas Greenwald, seperti dikutip Russia Today, Selasa (28/10/2014).


Intercept sebelumnya menahan diri untuk mencantumkan sumber yang membocorkan dokumen rahasia NSA. Namun, dalam laporan terbarunya, laman itu berani mencantumkan sumber pemberi dokumen rahasia.

Dokumen rahasia NSA selama ini diperoleh dari hasil penyapan global. Sejak munculnya laporan penggerebakan rumah “Snowden kedua” itu muncul, belum ada kejelasan apakah FBI akan melakukan tindakan hukum terhadap Greenwald, atau tidak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3499 seconds (0.1#10.140)