Wanita Melahirkan di Jalan karena Tak Terurus Gemparkan Mesir

Selasa, 21 Oktober 2014 - 08:46 WIB
Wanita Melahirkan di Jalan karena Tak Terurus Gemparkan Mesir
Wanita Melahirkan di Jalan karena Tak Terurus Gemparkan Mesir
A A A
KAIRO - Publik Mesir marah dengan munculnya video seorang wanita yang melahirkan di jalan di luar rumah sakit karena tidak terurus. Direktur rumah sakit terdekat pun dilaporkan dicopot dari jabatannya karena kasus yang memiriskan itu.

Suami wanita itu, Ahmed Musa Abdel Fattah, seperti dilaporkan kantor berita Mesir Al-Ahram, mengatakan, dia dan istrinya merasa tidak bisa dilayani dengan dalih dokter rumah sakit tersebut sibuk melakukan operasi caesar pada wanita lain.

Dalam video yang telah diunggah ke YouTube, wanita itu ditutupi kerudungnya saat telentang di jalan. Setelah sang bayi lahir beberapa perawat di rumah sakit di dekat jalan itu berlari keluar membawakan selimut untuk bayi yang masih berwarna merah muda tersebut.

Pihak rumah sakit di Kota Delta Nil, justru berdalih video itu tipun dari pihak keluarga wanita tersebut untuk mendiskreditkan layanan rumah sakit. Namun, menteri kesehatan setempat telah mencopot direktur rumah sakit sambil menunggu hasil penyelidikan.

Kasus itu memicu kemarahan publik Mesir, di mana mereka menuduh pihak rumah sakit lalai. Publik juga mempertanyakan komitmen pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan bagi 85 juta penduduk di Mesir.

”Ketika rumah sakit membiarkan perempuan melahirkan di jalan, menimbulkan pertanyaan terkait lalainya pemerintah. Tidak peduli berapa banyak pemerintah memamerkan komitmennya untuk hak-hak perempuan,” bunyi salah satu kecaman warga Mesir dalam Facebook, seperti dikutip Reuters, Selasa (21/10/2014).

Abdel Fattah mengatakan, staf di rumah sakit tersebut sempat mendesak dia dan istrinya untuk pergi ke Alexandria yang berjarak sekitar 30 km agar dapat layanan medis. Video wanita melahirkan di jalan itu diduga direkam dengan ponsel oleh seorang saksi mata. Lokasinya berada di trotoar sebuah jalan yang dekat dengan rumah sakit.

Beberapa wanita yang membantu persalinan di jalan, tampak menghibur si ibu yang melahirkan tersebut. ”Lihatlah hak asasi manusia di sini, di mana seorang wanita harus melahirkan di jalan ketika ada rumah sakit di sana,” kata salah seorang warga yang membantu persalinan tersebut, yang terekam dalam video.

Setelah bayi itu lahir, wanita tersebut baru ditandu menuju rumah sakit dan disaksikan banyak orang. Pihak rumah sakit kembali menyangkal menelantarkan wanita itu. ”Kami tidak mengizinkan pasien untuk pergi (dari rumah sakit),” kata pihak rumah sakit dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Facebook.

”Mereka yang bersama pasien dan merekam kelahiran bayi telah mencemarkan nama baik rumah sakit,” lanjut pernyataan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)