NATO: Rusia Serang Ukraina

Kamis, 04 September 2014 - 20:09 WIB
NATO: Rusia Serang Ukraina
NATO: Rusia Serang Ukraina
A A A
NEWPORT - Seketaris Jenderal (Sekjen) NATO, Anders Fogh Rasmussen secara gamblang menyebut Rusia telah melakukan serangan terhadap Ukraina. Hal tersebut disampaikan Rasmussen dalam pertemuan negara-negara anggota NATO, di Wales hari ini (Kamis, 4/9/2104).

Melansir Reuters, Rasmussen menyebutkan, saat ini dunia internasional sedang digucang oleh konflik dari semua sisi. Dirinya menyebut, bahwa dari Timur Tengah hingga Eropa saat ini sedang menghadapi teror dari berbagai pihak.

“Kita dihadapkan pada situasi keamanan yang sangat berubah, baik itu di Timur Tengah dimana muncul anacam dari ISIS, atau di Afghanisatan dimana kondisi di sana kembali tidak stabil paska NATO menarik mundur pasukanya. Sementara di timur Eropa, Rusia sedang melakukan serangan terhadap Ukraina,” ucap Rasmussen.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris David Cameron menyebut Rusia tidak pernah sekalipun menurunkan terhadap tekanan pada Ukraina. “Mereka (Rusia) tidak pernah mengurangi aksi militer di Ukraina, hal ini dangat disayangkan,” ucap Cameron.

“Apakah Rusia tidak mengerti, bila mereka terus melakukan pendekatan semacan ini, maka tekanan terhadap Rusia pun semakin lama akan semakin menggunung,” Cameron menambahan. Dalam pertemuan negara-negara anggota NATO dibahas mengenai kemungkinan pegiriman 4.000 pasukan ke wilayah di sekitar Ukraina.

NATO juga tengah membujuk Ukraina agar meninggalkan statusnya sebagai negara anggota non-blok dan bergabung dengan NATO. Bergabungnya Ukraina ke NATO akan melancarkan usaha NATO untuk mengirim pasukan langsung ke Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3551 seconds (0.1#10.140)