Perkuat ASEAN, Indonesia Gelar HLTF

Selasa, 02 September 2014 - 21:34 WIB
Perkuat ASEAN, Indonesia Gelar HLTF
Perkuat ASEAN, Indonesia Gelar HLTF
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mempersiapkan pembentukan Komunitas ASEAN Tahun 2015, ASEAN membentuk Kelompok Kerja Tingkat Tinggi (HLTF) yang menyusun rekomendasi penguatan Sekretariat ASEAN di Jakarta dan meningkatkan efektivitas koordinasi berbagai Badan Sektoral ASEAN.

Menurut rilis yang diterima Sindonews pada Selasa (2/9/2014), pertemuan HLTF ke-5 itu sejatinya dilaksanakan di Bali tanggal 25 - 28 Agustus 2014 dihadiri oleh seluruh Wakil HLTF ASEAN serta Sekretariat ASEAN.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Duta Besar Ngurah Swajaya selaku Wakil HLTF Indonesia dibantu oleh Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, M.I. Derry Aman, selaku ketua Kelompok Kerja yang membantu HLTF.

“Sejauh ini HLTF telah berhasil mengidentifikasi berbagai hal untuk dijadikan sebagai rekomendasi, seperti peningkatan efektivitas kinerja Sekretariat ASEAN, pengurangan frekuensi pertemuan ASEAN dan hal-hal lain yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi Sekretariat ASEAN dan mekanisme berbagai Organ dan Badan ASEAN,” ucap Swajaya.

Dalam pembahasan tentang penguatan Sekretariat ASEAN, Indonesia mengusulkan agar anggaran Sekretariat ASEAN perlu ditingkatkan dan diperkuat dengan SDM yang memadai sehingga Sekretariat ASEAN dapat menjalankan peran dan fungsinya secara lebih efektif.

Pertemuan HLTF di Bali merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan HLTF yang akan memfinalisasi penyusunan rekomendasinya untuk disampaikan kepada Dewan Komunitas ASEAN sebelum pelaksanaan KTT ke-25 ASEAN di Nay Pyi Taw, Myanmar pada bulan November 2014.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)