Diterobos Tiga Tank Rusia, Ukraina Murka

Jum'at, 13 Juni 2014 - 09:37 WIB
Diterobos Tiga Tank Rusia, Ukraina Murka
Diterobos Tiga Tank Rusia, Ukraina Murka
A A A
KIEV - Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, mengatakan, tiga tank tempur Rusia telah masuk ke wilayah Ukraina timur. Informasi itu memicu amarah Presiden Ukraina, Petro Poroshenko yang tidak bisa menerima tindakan itu.

Menurut Avakov, tank-tank menyeberangi perbatasan Ukraina melalui pos pemeriksaan yang dikuasai separatis pro-Rusia di wilayah Luhansk, Ukraina timur. Informasi itu, diklaim bersumber dari intelijen Ukraina.

Dua dari tiga tank Rusia menuju ke arah Gorlovka, atau dikenal sebagai Horlivka, dan diserang oleh pasukan militer Ukraina. Namun, klaim itu belum bisa dikonfirmasi secara independen.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko langsung menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin. ”Percakapan telepon yang lama,” bunyi pernyataan kantor Presiden Ukraina. Namun, laporan itu tidak menjelaskan apakah percakapan telepon itu terjadi sebelum atau sesudah tank-tank Rusia dilaporkan menerobos wilayah Ukraina timur.

Sementara itu, seperti dikutip BBC semalam (12/6/2014), Rusia membantah laporan itu. Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut laporan itu palsu.

Sebelumnya, Moskow menuduh Presiden Poroshenko tidak menepati janjinya untuk menghentikan pertempuran di wilayah Ukraina timur. Moskow juga mendesak dilakukan penyelidikan atas dugaan bahwa pasukan Ukraina menggunakan bom terlarang untuk memerangi warga sipil di wilayah Ukraina timur.

”Kurangnya kemajuan apapun dalam upaya untuk menghentikan kekerasan dan menghentikan operasi militer menyebabkan keprihatinan kami meningkat,” kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6731 seconds (0.1#10.140)