Makam Firaun Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Mesir

Selasa, 10 Juni 2014 - 12:45 WIB
Makam Firaun Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Mesir
Makam Firaun Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Mesir
A A A
LUXOR - Arkeolog Spanyol telah menemukan sebuah makam Firaun yang memimpin dinasti ke-11 Mesir di Kota Luxor. Demikian keterangan Kementerian Benda Antik Mesir.

“Permukaan makam yang luas itu menunjukkan, (makam) seseorang dari keluarga kerajaan atau negarawan tingkat tinggi,” kata Menteri Urusan Benda Antik Mesir, Mohamed Ibrahim dalam sebuah pernyataan yang dirilis Al Arabiya, semalam (9/6/2014).

”Makam itu mungkin telah digunakan sebagai kuburan massal, mengingat banyaknya jumlah jenazah manusia ditemukan di dalamnya,” lanjut pernyataan menteri itu yang juga dilansir di situs resminya.

Tim arkeolog Spanyol yang menemukan makam kuno Firaun itu dipimpin oleh Jose Galan. ”Penemuan ini menegaskan ada banyak makam dari dinasti ke-11 (Mesir) di wilayah Deraa Abu Naga,” ujar Galan.

Lima tahun lalu, makam kuno dari tokoh dinasti yang sama juga ditemukan. Di area makam kala itu berisi sarkofagus merah, mumi yang terawat baik, serta panah dan lengkungan yang sekarang dipamerkan di museum Luxor.

Kendati demikian, benda-benda antik seperti itu juga masih digunakan sejumlah tokoh Mesir kuno yang memerintah pada dinasti ke-17.
Luxor merupakan sebuah kota dengan jumlah penduduk sekitar 500 ribu jiwa yang berlokasi di tepi Sungai Nil, Mesir selatan. Kota itu dianggap sebagai “harta karun” Mesir, karena banyak temuan benda-benda kuno.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3906 seconds (0.1#10.140)