Permudah Turis Asing, ASEAN Siapkan Visa Terusan

Selasa, 03 Juni 2014 - 17:45 WIB
Permudah Turis Asing, ASEAN Siapkan Visa Terusan
Permudah Turis Asing, ASEAN Siapkan Visa Terusan
A A A
JAKARTA - Demi memperkuat dunia pariwisata di kawasan Asia Tenggara, pihak ASEAN sedang merencanakan untuk membuat kebijakan baru guna mempermudah turis asing berkeliling ke negara-negara ASEAN. Nantinya, turis asing bisa menggunakan satu visa untuk keliling ASEAN.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal ASEAN-SOM untuk Indonesia, I Gusti Agung Waseka Puja saat ditemui Sindonews pada acara di forum Komunitas ASEAN di Jakarta, Selasa (3/6/2014). Menurutnya, ASEAN harus bisa seperti Uni Eropa yang memiliki visa terusan.

”Saat ini kami sedang mematangkan ide untuk membuat visa terusan, sehingga para turis asing yang ingin bepergian ke negara-negara Asia Tenggara hanya perlu sekali mengurus visa, yaitu visa ASEAN,” kata Puja.

”Kita harus seperti Uni Eropa yang mana dengan mengurus visa Uni Eropa, kita bisa bepergian ke-28 negara anggota Uni Eropa. Ya, hanya dengan menggunakan satu visa,” imbuh puja.

Dalam kawasan regional ASEAN, Indonesia sendiri terus memperkuat kerjasama dalam berbagai bidang. Salah satunya menjalin kerjasama dengan beberapa negara ASEAN untuk menerapkan sistem bebas visa. Yang terbaru adalah kerjasama antara Indoesia dan Vietnam April lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5103 seconds (0.1#10.140)