Rusia Siap Berdialog dengan Presiden Baru Ukraina

Senin, 26 Mei 2014 - 19:18 WIB
Rusia Siap Berdialog dengan Presiden Baru Ukraina
Rusia Siap Berdialog dengan Presiden Baru Ukraina
A A A
MOSKOW - MOSKOW - Pemerintah Rusia pada Senin (26/5/2014) segera menanggapi pernyataan kandidat kuat presiden Ukraina, Petro Poroshenko yang menyatakan siap menggelar pertemuan dengan para pemimpin Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rusia bersedia bertemu dengan Poroshenko dan membahas situasi di kawasan timur Ukraina. Tetapi, dengan satu catatan, mereka harus menghentikan dahulu operiasi militer yang di gelar di timur.

“Presiden (Putin) sudah berkali-kali mengatakan, kami siap untuk berdialog dengan perwakilan dari Kiev, kami siap untuk berdialog dengan Petro Poroshenko," ungkap Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

Pernyataan Lavrov tersebut seolah-olah mengisaratakan, Moskow sudah menerima hasil dari pemilu Ukraina, setidaknya hingga saat. Hal ini juga bisa membuka kembali jalan untuk memperbaiki hubungan dua negara bertetangga itu.

“Kami siap untuk melakukan pembicaraan dengan pihak Kiev untuk mencari solusi atas semua masalah yang ada termasuk membahas mengenai kerjasama di bidang perdagangan dan di bidang energi,” Lavrov menambahkan.

Namun, lagi-lagi di balik semua pernyataannya, Lavrov tetap melontarkan kritik terhadap jalannya pemilu di Ukraina. Menurutnya, masih ada masalah di dalam pelaksanaan pemilu itu. Salah satunya adalah keenganan warga timur Ukraina untuk ikut dalam pemilihan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)