Rahasia militer China bocor melalui media sosial

Senin, 05 Mei 2014 - 12:49 WIB
Rahasia militer China bocor melalui media sosial
Rahasia militer China bocor melalui media sosial
A A A
Sindonews.com – Seorang pria China dihukum 10 tahun penjara setelah membocorkan dokumen rahasia militer negara itu kepada mata-mata asing. Ada 13 dokumen sangat rahasia dibocorkan pria bermarga Li itu.

Li dituduh membocorkan berbagai dokumen rahasia milliter China kepada mata-mata asing. Caranya, dia berinteraksi dengan mata-mata asing itu melalui media sosial. Pemerintah China menyebut ada tiga negara yang menerima bocoran rahasia militer dari Li. Sayangnya, tiga negara itu tidak diungkap.

Li telah memberikan dokumen rahasia militer dan informasi penting perihal pangkalan militer di Provinsi Guangdong selatan. Militer China telah memperingatkan bahwa negara itu menghadapi masalah kompleks karena rahasia militer diusik asing.

Pemerintah China lantas memperketat keamanan komunikasi internet dan telepon. Terutama sejak muncul laporan, bahwa mata-mata Amerika Serikat menyadap perusahaan telekomunikasi China beberapa waktu lalu.

Laporan bocornya rahasia militer China itu dilansir media setempat, People Daily, Senin (5/5/2014). Li yang merupakan pekerja di sebuah kota di pesisir China semula berhubungan dengan pengguna internet yang mengaku seorang perempuan. Namun, lambat laut teman curahan hati (curhat)-nya itu ternyata seorang lak-laki yang berada di luar perbatasan China.

”Selama sebulan mereka menjadi teman, dan terungkap temannya itu laki-laki,” tulis media China itu. Mereka berinteraksi melalui layanan internet “Fly Brother”. Layanan itu ternyata mencari para pengguna intenet yang gemar dunia militer. Ada 40 orang di seluruh China yang telah memberikan informasi militer negaranya ketika bergabung dalam layanan internet tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5765 seconds (0.1#10.140)