Separatis pro Rusia di Ukraina akan bahas pertukaran tahanan

Minggu, 27 April 2014 - 21:48 WIB
Separatis pro Rusia di Ukraina akan bahas pertukaran tahanan
Separatis pro Rusia di Ukraina akan bahas pertukaran tahanan
A A A
Sindonews.com – Pemimpin separatis pro Rusia di Ukraina timur akan menemui para negoisator pada Minggu (27/4/2014) untuk membahas upaya pembebasan lima anggota Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE).

"Mereka harus berada di sini sekitar pukul 00:00 (waktu setempat), etika perwakilan dari OSCE datang. Kita akan berbicara dengan mereka tentang hal itu (tawanan)," ungkap Vyacheslav Ponomaryov, walikota de facto dari Slaviansk.

Seperti dilansir Reuters, ketika dia dihadapkan pada pertanyaan apakah akan ada kemungkinan pertukaran antara tawanan mereka dengan tawanan pemerintah, Ponomaryov menyatakan, itu adalah salah satu pilihan dalam proses pembebasan.

Sebelumnya dikabarkan, pihak separatis hanya akan membebaskan para anggota OSCE bila terjadi pertukaran tahanan. Kelompok separatis meminta Ukraina untuk membebaskan para tahanan yang ditangkap saat massa pro Rusia melancarkan aksi demonstrasi di Ukraina beberapa waktu lalu.

"Saya pikir semuanya akan beres. Kami akan mencapai beberapa kesepakatan dalam pertemuan tersebut," Ponomaryov menambahkan. Dia juga mengatakan bawah kondisi tahanan dalam kondisi baik.

Sejak Junat lalu, 13 anggota OSCE disandera oleh separatis pro Rusia di Slovyansk. Denis Pushilin, pemimpin gadungan kota Donetsk mengatakan, anggota OSCE hanya akan dilepas dalam pertukaran tahanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5886 seconds (0.1#10.140)