Sinyal ping selama ini mungkin bukan dari MH370

Selasa, 22 April 2014 - 11:53 WIB
Sinyal ping selama ini mungkin bukan dari MH370
Sinyal ping selama ini mungkin bukan dari MH370
A A A
Sindonews.com – Tidak ditemukannya puing-puing pesawat Malaysia Arilines MH370 di Samudera Hindia selatan meski sudah lebih dari 45 hari, memunculkan keraguan bahwa petunjuk yang diterima tim pencari pesawat selama ini salah.

Keraguan itu disampaikan Direktur Pusat Penelitian Oceanografi Helmholtz (GEOMAR) Jerman, Peter Herzig. Menurutnya, sinyal "ping" yang diklaim berasal dari kotak hitam pesawat MH370 selama ini belum terbukti. Dia menduga, sinyal yang mengacaukan misi pencarian pesawat itu berasal dari sumber lain.

Herzig, seperti dilaporkan Bloomberg, mengatakan, jika benar sinyal "ping" itu berasal dari kotak hitam pesawat MH370, semestinya puing-puing pesawat sudah bisa ditemukan. Atau setidaknya ada puing yang terkait dengan pesawat MH370 yang mengambang di laut seperti dalam kasus tragedi pesawat Air France 447 yang melakukan perjalanan dari Rio de Janeiro menuju Perancis tahun 2009.

Sementara itu, Badan Pusat Koordinasi Bersama Australia (JaCC) mengatakan, dalam sebuah pernyataan hari ini (22/4/2014), bahwa kendaraan selama Bluefin-21 belum menemukan objek apa pun, meski sudah menjelajahi dua pertiga dari wilayah pencarian pesawat MH370 di Samudera Hindia selatan.”Kapal selam itu sedang menyelesaikan misi kesembilan,” bunyi pernyataan JaCC.

Tidak hanya sinyal "ping" yang diragukan, klaim Malaysia bahwa pesawat itu jatuh di Samudera Hindia juga mulai diragukan para penyidik internasional. Salah satu anggota Tim Investigasi Internasional (IIT) mengatakan kepada New Straits Times (NST), bahwa telah ada kekhawatiran jika lokasi pencarian selama ini salah tempat. Artinya, pesawat itu mungkin tidak jatuh di Samudera Hindia.

”Kami mungkin harus melihat ke dalam (dugaan salah lokas pencarian), jika tidak ada hasil yang positif dalam beberapa hari ke depan. Tapi, pada saat yang sama misi pencarian di Samudera Hindia akan terus (dilakukan),” tulis NST, mengutip salah seorang pejabat IIT. (Baca: MH370 ditakutkan tak jatuh di Samudera Hindia)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5690 seconds (0.1#10.140)