Drone gempur kampung Osama, 15 anggota al-Qaeda tewas

Sabtu, 19 April 2014 - 17:09 WIB
Drone gempur kampung Osama, 15 anggota al-Qaeda tewas
Drone gempur kampung Osama, 15 anggota al-Qaeda tewas
A A A
Sindonews.com—Kampung leluhur pendiri al-Qaeda, Osama bin Laden, di Baida, Yaman, diserang pesawat tak berawak atau drone pada Sabtu (19/4/2014). Sebanyak 15 anggota al-Qaeda dan tiga warga sipil tewas dalam serangan tersebut.

Belum diketahui drone yang menyerang itu milik militer Yaman atau Amerika Serikat. Saksi mata mengatakan, sekelompok militan sedang bepergian dengan kendaraan menuju Provinsi Shabwa selatan, Yaman.

Selain itu, ada tiga warga sipil yang juga naik mobil di lokasi yang sama.Tiba-tiba drone tersebut menembak secara serampangan ke arah dua mobil tersebut.

Presiden Yaman, Abdrabuh Mansur Hadi membela penggunaan drone di negaranya untuk melawan al-Qaeda. Selama setahun terakhir, sudah pulihan militan tewas di Yaman oleh serangan drone.

“Serangan drone telah sangat membantu dalam membatasi kegiatan al-Qaeda, meskipun beberapa kesalahan terjadi. Kami mohon maaf tentang itu,” kata Mansur mengaacu kepada terbunuhnya warga sipil, seperti dilansir Al Hayat.

Penggunaan drone telah diprotes para aktivis hak asasi manusia, karena memakan banyak korban dari kalangan sipil. PBB mengatakan 16 warga sipil tewas dan sedikitnya 10 terluka ketika serangan dronemenghantam acara pernikahan di Yaman pada Desember 2013 lalu.

Amerika Serikat belum mengkonfirmasi atas laporan serangan drone terbaru di Yaman hari ini. AS selama ini mengklaim, kampanye serangan drone di Yaman ditargetkan terhadap militan al-Qaeda. Mereka mengabaikan laporan, bahwa selama ini korban serangan drone juga berasal dari warga sipil.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4552 seconds (0.1#10.140)