Rumah bobrok, ini total kekayaan presiden termiskin di dunia

Rabu, 16 April 2014 - 15:03 WIB
Rumah bobrok, ini total kekayaan presiden termiskin di dunia
Rumah bobrok, ini total kekayaan presiden termiskin di dunia
A A A
Sindonews.com – Jose Mujica, nama Presiden Uruguay ini. Dia dijuluki sebagai presiden termiskin di dunia, tapi gemar beramal, di mana gajinya kerap disumbangkan untuk kepentingan sosial.

Mujica juga dikenal pemimpin kontoversial. Di mana, dia tercatat sebagai presiden yang pertama kali di dunia yang berani melegalkan ganja. Selain itu, dia juga memiliki asisten perempuan cantik, yang juga berprofesi sebagai model.

Pernah, asistennya itu berpose menantang, tapi Mujica yang menganut paham kebebasan itu tidak terlalu memusingkannya dan menganggapnya sebagai hal biasa, karena pekerjaan asistennya di kepresidenan tidak pernah terganggu.

Publik pun dibuat penasaran, berapa sejatinya total kekayaan yang dimiliki Mujica. Ternyata, tahun ini total kekayaannya mencapai USD322.883 atau sekitar Rp3,7 miliar. Itu pun merupakan hasil peningkatan kekayaan sebanyak 74 persen sejak 2012.

Dia mengaku jarang menyimpan uangnya di bank, karena memang tidak memiliki banyak uang. Dia ingat, uangnya di bank tercatat USD104.000. Sedangkan total keyaaannya saat ini, merupakan akumulasi dari aset bangunan dan tanah.

Harta benda lain yang dimiliki Presiden Mujica adalah sebuah mobil tua merek Volkswagen Beetle. Meski menjadi presiden, Mujica tetap memilih tinggal di sebuah rumah bobrok di sekitar peternakan bersama istrinya yang seorang senator, Lucia Topolansky.

“Total kekayaan presiden termiskin di dunia itu terungkap, karena di Uruguay, setiap pejabat publik wajib mengumumkan total kekayaannya setiap dua tahun sekali,” demikian laporan Fox News, semalam (15/4/2014) yang mengulas kesederhanaan Presiden Mujica.

Wakil Presiden Uruguay, Daniel Astori, ikut bersimpati dengan kesederhanaan atasannya itu. Menurutnya, Presiden Mujica sejatinya layak untuk memiliki kekayaan sebesar USD389.000.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4921 seconds (0.1#10.140)