Dua jurnalis asing ditembak di Afghanistan

Jum'at, 04 April 2014 - 18:11 WIB
Dua jurnalis asing ditembak di Afghanistan
Dua jurnalis asing ditembak di Afghanistan
A A A
Sindonews.com – Beberapa pekan menjelang pemilihan umum di Afghanistan, dua jurnalis wanita dilaporkan ditembak oleh seorang pria berpakaian polisi di wilayah Afghanistan selatan, Jumat (4/4/2014).

Seorang fotografer Associated Press (AP) berkebangsaan Jerman, Anja Niedringhaus (48), tewas dalam insiden penembakan tersebut. Sementara reporter AP berkebangsaan Kanada, Kathy Gannon, dilaporkan terluka.

"Anja dan Kathy bersama-sama telah menghabiskan waktu bertahun-tahun di Afghanistan meliput konflik dan orang-orang di sana. Anja adalah wartawan sangat dinamis dan penuh semangat, kami sangat mencitai karya-karya fotografinya," ngkap Executive Editor AP, Kathleen Carroll. Seperti dilansir Aljazeera.

"Dia memiliki hati yang hangat dan penuh suka cita. Kami sedih kehilangan dirinya," lanjut carroll.

Mereka berdua ditembak saat ikut dalam konvoi para petugas pemilihan umum untuk membagikan surat suara di kota Khost ke wilayah pinggiran, di Distrik Tani. Konvoi tersebut dilindungi oleh Tentara Nasional Afghanistan dan polisi Afghanistan. Mereka berada di mobil mereka sendiri dengan para pekerja lepas dan sopir.

Menurut pekerja lepas tersebut, mereka sedang duduk di mobil mereka ketika seorang komandan satuan bernama Naqibullah berjalan ke arah mobil, dan menembaki mereka di kursi belakang dengan AK-47 nya. Dia kemudian menyerahkan diri ke polisi lain dan saat ini dalam proses intergoasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)