Mantan perwira senior militer China didakwa korupsi

Selasa, 01 April 2014 - 10:11 WIB
Mantan perwira senior...
Mantan perwira senior militer China didakwa korupsi
A A A
Sindonews.com – Seorang mantan perwira militer senior China, Gu Junshan, didakwa atas tuduhan korupsi. Ini adalah skandal militer terburuk di negara itu sejak seorang Laksamana Madya dipenjara seumur hidup karena kasus penggelapan pada tahun 2006.

Seperti dilaporkan Xinhua, Senin (31/3/2014), Junshan didakwa atas tuduhan korupsi, menerima suap, penyalahgunaan dana publik, dan penyalahgunaan kekuasaan. “Dia akan diadili di Pengadilan Militer,” sebut laporan Xinhua.

Tiga sumber yang memiliki hubungan dengan pimpinan atau militer, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan, Junshan juga menjual posisinya di militer. Sebelumnya Junshan telah dipecat dari jabatannya sebagai Wakil Direktur Departemen Logistik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada 2012, saat penyelidikan kasus korupsi ini dimulai.

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters, bahwa Xu Caihou (70), pensiunan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat dan anggota Politbiro Partai Komunis China, saat ini berada di dalam tahanan rumah terkait penyelidikan kasus korupsi Junshan.

Sebagai salah satu pendukung utama Junshan, Caihou dinilai terlibat, mengabaikan, atau setidaknya tidak melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Junshan.

Saat ini pemerintah China memang tengah menggalakan pemberantasan korupsi. Tak peduli siapa pun pelakuknya, pasti akan diseret ke pengadilan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0698 seconds (0.1#10.140)