China sebut Jepang pembuat onar

Selasa, 25 Februari 2014 - 17:55 WIB
China sebut Jepang pembuat...
China sebut Jepang pembuat onar
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China kembali mengeluarkan komentar pedas terhadap Jepang saat ketegangan kedua negara atas sengketa maritim terus memanas. Beijing menjuluki Tokyo sebagai pembuat onar yang mengacaukan perdamaian dan stabilitas regional.

Komentar itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying, Selasa (25/2/2014). Komentar itu sebagai balasan atas pernyataan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida dalam sebuah wawancara dengan Associated Press, bahwa ekspansi militer China di wilayah regional telah menjadi ancaman.

Dalam sebuah konferensi pers, Hua mengatakan, Jepang memicu masalah dengan bergerak sendiri untuk memperluas angkatan bersenjatanya dan mengubah konstitusi pasifis. Menurutnya, dari laporan terbaru, Jepang mulai memuliahkan masa lalu militer mereka, di mana militer Jepang terlibat langsung dalam Perang Dunia II.

Sebelum perang komentar pejabat China dan Jepang mulai memanas, militer Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu Jepang, telah melansir laporan resmi yang menyebut, China sedang mempersiapkan diri untuk melakukan perang secara dekat dan kilat dengan Jepang.

Kecurigaan militer AS itu dari latihan besar-besaran yang dilakukan semua cabang Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada akhir 2013 lalu. ”Kami menyaksikan, (kapal) amfibi besar dan (kapal) lintas wilayah militer (China) terlibat dalam aksi 2013,” kata Kapten James Fannell, Wakil Kepala Staf Intelijen dan Informasi Operasi untuk Armada Pasifik AS.

”(Kami) menyimpulkan, bahwa PLA telah diberi tugas baru untuk melakukan perang tajam, kilat (singkat) untuk menghancurkan pasukan Jepang di Laut Cina Timur, atas sengketa pulau Senkaku atau bahkan pulau Ryukyu selatan,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0478 seconds (0.1#10.140)