Akhiri tragedi, Ukraina setuju Pilpres dini

Sabtu, 22 Februari 2014 - 11:20 WIB
Akhiri tragedi, Ukraina...
Akhiri tragedi, Ukraina setuju Pilpres dini
A A A
Sindonews.com – Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych, dan para pemimpin oposisi telah menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri krisis politik yang berubah menjadi tragedi mematikan itu. Kerusuhan di negara itu selama berhari-hari diprediksi telah merenggut 70 hingga 100 jiwa.

Salah satu kesepakatan itu, adalah disetujuinya pemilihan presiden (Pilpres) dini dan pembebasan pemimpin oposisi, Yulia Tymoshneko dari penjara. Kedua kubu juga menyetujui pengembalian Konstitusi 2004, di mana ada pembatasan kekuasaan presiden.

Kesepakatan itu terjadi sehari setelah pembicaraan lama yang dimediatori para menteri Uni Eropa.”Mereka sepakat bahwa kesepakatan yang dicapai hari ini (kemarin) perlu dilaksanakan dengan cepat. Itu sangat penting untuk mendorong semua pihak agar menahan diri dari kekerasan,” kata seorang pejabat Ukraina, seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/2/2014).

Pemilu dini untuk memilih Presiden Ukraina, dalam kesepakatan itu, harus digelar tidak lewat dari Desember tahun ini. Kendati demikian, para demonstran anti-pemerintah yang frustasi tetap menyerukan Yanukovych lengser.

”Pemilu pada bulan Desember tidak cukup. Ia harus lengser sekarang,” kata Oleh Bukoyenko, salah seorang demonstran di tengah kerumunan massa. Demonstran lain, Sergiy Yanchukov, mengatakan kekerasan di negara pada Kamis lalu merupakan kejahatan kemanusiaan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0390 seconds (0.1#10.140)