Laporan resmi: Australia langgar kedaulatan RI 6 kali

Rabu, 19 Februari 2014 - 16:50 WIB
Laporan resmi: Australia langgar kedaulatan RI 6 kali
Laporan resmi: Australia langgar kedaulatan RI 6 kali
A A A
Sindonews.com – Hasil laporan resmi dari evaluasi yang dilakukan militer Australia yang dirilis Rabu (19/2/2014), mengungkapkan, bahwa Angkatan Laut (AL) Australia melanggar perairan Indonesia sebanyak enam kali.

Aksi pelanggaran wilayah kedaulatan Indonesia itu terjadi pada Desember 2013 dan Januari 2014 dalam operasi keamanan perbatasan.

Canberra sebelumnya mengklaim pelanggaran itu tidak disengaja, namun merahasikan jumlah pelanggaran yang dilakukan terhadap wilayah perairan Indonesia. Mereka juga pernah meminta maaf setelah pelanggaran itu terungkap.

”Pada setiap kesempatan pelanggaran perbatasan perairan Indonesia bukan sebagai tindakan yang disengaja atau kesalahan navigasi,” bunyi bocoran laporan evaluasi militer Australia itu, seperti dilansir Zee News.

Militer Australia mengatakan, ada ketidakjelasan instruksi dari komandan AL Australia, terkait batas 12 mil laut di luar kepulauan Indonesia. ”Meskipun ada pedoman yang jelas ke markas operasional dan unit yang ditugaskan, kewajiban untuk tetap berada di luar perairan Indonesia tidak mendapatkan perhatian yang cukup selama pelaksanaan misi atau pengawasan itu,” lanjut laporan itu.

Dalam bocoran laporan tersebut, tidak dijelaskan alasan kapal-kapal AL Australia memasuki perairan Indonesia hingga enam kali. Meskipun, selama ini Australia mengklaim hal itu terkait operasi pengusiran perahu para pencari suaka yang hendak memasuki wilayah Australia.

Masalah pengusiran perahu pencari suaka yang masuk ke Australia melalui Indonesia selama ini memicu ketegangan kedua negara. Selain itu, Indonesia dan Australia juga bersitegang soal penyadapan yang dilakukan intelijen Australia terhadap Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5569 seconds (0.1#10.140)