Presiden Korsel perintahkan penyelidikan bangunan runtuh

Rabu, 19 Februari 2014 - 01:40 WIB
Presiden Korsel perintahkan penyelidikan bangunan runtuh
Presiden Korsel perintahkan penyelidikan bangunan runtuh
A A A
Sindonews.com – Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, pada Selasa (18/2/2014), menyerukan penyelidikan penuh atas runtuhnya sebuah auditorium di kota Gyeongju yang menewaskan 10 mahasiwa dan melukai lebih dari 100 lainnya.

"Begitu banyak nyawa yang dikorbankan, investigasi menyeluruh harus dilakukan," kata Geun-hye saat rapat kabinet. Runtuhnya auditorium ini diduga karena salju lebat yang ada di atap auditorium itu.

Saat bencana terjadi, lebih dari 560 mahasiswa tengah berpartisipasi dalam orientasi mahasiswa baru. Auditorium adalah bagian dari kompleks resor pegunungan dekat Gyeongju yang mengalami hujan salju yang luar biasa berat pada minggu sebelumnya.

Media Korsel itu meyatakan, selain menewaskan 10 orang, yakni sembilan siswa dan satu orang dari pihak penyelenggara, ada 17 korban luka dalam kondisi cedera serius. Bahkan, tiga siswa dan 11 orang dari panitia belum ditemukan. Diuga mereka terjebak dalam bangunan yang ambruk tersebut.
“Sekitar 400 petugas penyelamat, termasuk pemadam kebakaran, pejabat polisi dan tentara dikirim ke tempat kejadian. Tetapi mereka menemui kendala, karena bangunan terletak di puncak gunung dan kondisi medan tertutup salju,” tulis media Korsel itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)