Berita letusan Gunung Kelud mendunia

Jum'at, 14 Februari 2014 - 18:46 WIB
Berita letusan Gunung Kelud mendunia
Berita letusan Gunung Kelud mendunia
A A A
Sindonews.com – Letusan gunung Kelud di Jawa Timur, tidak hanya menjadi pemberitaan utama media Tanah Air. Banyak media internasional juga menjadikan letusan gunung kelud sebagai pemberitaan utama.

Di Amerika, kantor berita CNN, USA Today, Reuters, dan lainnya, ramai-ramai memberikan letusan gunung berapi yang terjadi sejak semalam itu. Reuters, misalnya pada Jumat (14/2/2014), mengulas soal evakuasi massal ribuan orang akibat dampak letusan Gunung Kelud.

Indonesia volcano erupts; 76.000 evacuated, most of Java's airports shut,” (Gunung berapi Indonesia meletus, 76.000 dievakuasi, sebagian besar bandara di Jawa tutup). Demikian judul berita yang ditulis Reuters, pada hari ini (14/2/2014).

Media tersebut juga mengupas hujan abu Gunung Kelud di Provinsi Jawa Timur yang bergerak ke Jawa Tengah dan Jawa Barat.”Satu-satunya bandara utama yang masih beroperasi di Jawa adalah yang adadi ibukota, Jakarta,” ulas Reuters.

Media AS lainnya, CNN, menulis, 100.000 orang dievakuasi akibat letusan Gunung Kelud. Media ini juga tak luput menulis dua korban tewas dan status gunung berapi tersebut dengan mengutip keterangan dari Pemerintah Indonesia.

Tidak mau kalah, media Inggris seperti BBC dan Daily Mail juga sama-sama meng-update perkembangan situasi letusan Gunung Kelud. Daily Mail melaporkan, sekitar 200.000 orang dievakuasi dan beberapa bandara terpaksa ditutup.

Laporan BBC juga menyoroti banyaknya orang yang dievakuasi dalam musibah ini.“Mass evacuation in Indonesia as Java volcano erupts,” judul pemberitaan BBC, yang di dalamnya juga meng-update jumlah korban jiwa.

Media Inggris ini juga mengulas dampak dampak hujan abu yang tidak hanya melanda wilayah Jawa Timur saja, tapi juga sampai Jawa Tengah dan Jawa Barat.”Gunung Kelud memuntahkan abu dan puing-puing material ke wilayah yang luas,” tulis media asing ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)