Korupsi disorot, menteri kontroversial Malaysia mundur

Rabu, 12 Februari 2014 - 19:42 WIB
Korupsi disorot, menteri kontroversial Malaysia mundur
Korupsi disorot, menteri kontroversial Malaysia mundur
A A A
Sindonews.com – Taib Mahmud,77, menteri kontroversial negara bagian Sarawak, Malaysia, mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu (12/2/2014). Menteri itu mundur, diduga untuk memperkuat kerajaan bisnisnya yang oleh aktivis dituduh terlibat korupsi.

Taib merupakan menteri negara bagian Serawak yang menjabat lama. Dia tercatat menjadi menteri negara bagian itu sejak tahun 1981. Oleh kalangan aktvisi, Taib selama bertahun-tahun dituduh melakukan korupsi dan membuat kebijakan yang merusak lingkungan.

”Taib Mahmud akan pensiun sebagai menteri utama dari Sarawak, yang efektif sejak 28 Februari 2014,” kata juru bicara pemerintah negara bagian Serawak, Samuel Simon, kepada AFP.

Menurut Simon, Taib tercatat memiliki jet pribadi yang biasa digunakan untuk berkeliling. Namun, Simon tidak menjelaskan alasan pengunduran diri Taib. Kubu koalisi yang merasa jijik dengan praktik korupsi tersebut, juga telah menekan Taib agar mengundurkan diri sejak beberapa tahun silam.

Simon tidak mengungkapkan rencana Taib setelah mengudurkan diri. Namun, muncul spekulasi, bahwa dia akan berusaha untuk menjadi tokoh yang tetap berpengaruh di Serawak.

“Ia akan memegang posisi simbolis berpengaruh . Hal ini dapat diterjemahkan, bahwa ia tetap mempertahankan kekuasaannya,” kata analis politik setempat, Khoo Kay Peng.

Sejak Taib mengundurkan diri, posisi menteri tersebut, kata Simon, akan diisi Adenan Satem, pejabat pemerintah yang merupakan anak didik Taib.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3786 seconds (0.1#10.140)