China dan Taiwan gelar pembicaraan bersejarah

Selasa, 11 Februari 2014 - 22:05 WIB
China dan Taiwan gelar pembicaraan bersejarah
China dan Taiwan gelar pembicaraan bersejarah
A A A
Sindonews.com – China dan Taiwan pada Selasa (11/2/2014), melangsungkan pembicaraan antar pemerintah. Ini adalah pembicaraan pertama dalam kurun 65 tahun terakhir.

Menteri Taiwan yang mengurusi kebijakan China, Wang Yu-chi, bertemu dengan Menteri China yang mengurusi kebijakan Taiwan, Zhang Zhijun di Nanjing, China.

"Kedua belah pihak harus membuat pikiran kita untuk tidak pernah membiarkan hubungan lintas-selat kembali menjadi tersiksa dan tidak pernah melihat ke belakang," kata Zhijun, seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

"Saya percaya, bahwa selama kita berjalan di jalan perdamaian yang benar,kita harus dan pasti bisa menjadi lebih dekat di masa depan," lanjutnya.

Pertemuan dua pejabat dari dua negara yang sempat menjadi seteru berat ini terjadi setelah dilakukannya diplomasi selama bertahun-tahun.

Secara terpisah, Dewan urusan Daratan (MAC) Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa Yu-Chi secara resmi telah mengundang Zhijun untuk mengunjungi Taiwan guna mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang masyarakat Taiwan dan kondisi rakyatnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6457 seconds (0.1#10.140)