Tablet 4.000 tahun asal Irak ungkap bahtera Nabi Nuh

Sabtu, 25 Januari 2014 - 13:20 WIB
Tablet 4.000 tahun asal Irak ungkap bahtera Nabi Nuh
Tablet 4.000 tahun asal Irak ungkap bahtera Nabi Nuh
A A A
Sindonews.com -Sebuah tablet yang terbuat dari tanah liat, yang diyakini berusia 4.000 tahun berisi spesifikasi perihal cerita bahtera Nabi Nuh. Tablet itu ditemukan ilmuwan dari Mesopotamia kuno (sekarang Irak).

Tablet dari tanah liat itu dipamerkan di Museum Inggris kemarin. Tablet itu menjadi rujukan para ilmuwan dari seluruh dunia. Tablet tersebut juga diklaim sebagai salah satu penemuan arkeologi paling penting yang pernah ada.

Salah satu data dalam tablet itu, berisi tentang “Ark” (kapal legendaris) yang dalam cerita telah menyelamatkan setiap pasangan hewan dan beberapa manusia dari banjir bandang di era Nabi Nuh. Data itu berbentuk sebuah kapal yang melingkar, bukan kapal persegi panjang sebagaimana digambarkan dalam mitologi modern.

“Itu benar-benar momen penemuan yang membuat jantung berhenti. Kapal itu berbentuk bulat (lingkaran),” kata Irving Finkel si penembu tablet itu sepert dilansir AP, Sabtu (25/1/2014).

Tablet ini juga mencatat petunjuk Dewa Mesopotamia untuk membangun sebuah kapal raksasa, berukuran dua pertiga ukuran lapangan sepak bola dari tali dan diperkuat dengan rusuk kayu dan lapisan aspal.

Dalam tablet itu juga terdapat simbol rahasia yang menggambarkan rute bagiamana setiap pasangan hewan masuk ke dalam kapal itu. Finkel adalah asisten penjaga Museum Inggris yang mengoleksi benda-benda kuno Timur Tengah. Dia pula yang merilis buku berjudul “The Ark Before Noah".
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3386 seconds (0.1#10.140)