Terinfeksi flu burung, puluhan ribu bebek di Korsel dimusnahkan

Minggu, 19 Januari 2014 - 04:05 WIB
Terinfeksi flu burung,...
Terinfeksi flu burung, puluhan ribu bebek di Korsel dimusnahkan
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) tengah melakukan upaya keras untuk menghentikan wabah flu burung yang melanda negara itu. Ini adalah wabah flu burung pertama dalam tiga tahun terakhir.

Menurut Kementerian Pertanian Korsel, sekitar 21 ribu bebek di sebuah peternakan unggas di Gochang, Provinsi Jeolla, sekitar 300 kilometer sebelah barat daya Seoul, dimusnahkan. Langkah ini diambil, setelah virus flu burung ditemukan di wilayah itu.

"Pengujian menunjukkan, bahwa virus itu dikonfirmasi sebagai flu burung H5N1," jelas Kwong Jae-hwan, seorang pejabat senior Kementerian Pertanian kepada wartawan, Sabtu (18/1/2014).

Kementerian itu menambahkan, pemusnahan 60 ribu bebek di dekat perkebunan juga telah dimulai dan penyelidikan atas kematian sekitar 1.000 burung migran dalam penampungan air di Gochang telah dilakukan.

“Tindakan karantina juga diberlakukan di 24 peternakan lainnya di empat provinsi yang berbeda, yang diketahui telah membeli bebek dari peternakan Gochang,” lanjut Jae-hwan, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Wabah flu burung terakhir melanda Korsel pada 2011. Saat itu, lebih dari enam juta unggas dimusnahkan di lebih dari 280 peternakan di seluruh negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)