6 calon TKI hendak diselundupkan ke Mesir

Rabu, 08 Januari 2014 - 19:18 WIB
6 calon TKI hendak diselundupkan...
6 calon TKI hendak diselundupkan ke Mesir
A A A
Sindonews.com -KBRI Amman, Yordania berhasil menggagalkan upaya penyelundupan enam orang calon TKI. Mereka terindikasi sebagai bagian dari korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO)

Keenam calon TKI tersebut adalah AF asal Makassar, S asal Subang, AMD asal Indramayu, MSA asal Sukabumi, H asal Tasikmalaya, dan EDP asal Yogyakarta.

Upaya penggagalan penyelundupan ini dilakukan pada saat enam calon TKI tersebut akan bertolak menuju Mesir.

Kejadian tersebut berawal saat salah seorang staf KBRI Amman, yang secara kebetulan duduk bersebelahan dengan dua WNI perempuan dalam perjalanan udara dari Dubai ke Amman menggunakan pesawat Emirates EK 901.

Dari obrolan yang dilakukan, keduanya mengaku sebagai calon TKI yang akan dipekerjakan di Mesir melalui jalur transportasi Jakarta-Batam-Johor Bahru-Kuala Lumpur-Dubai-Amman-Damaskus-Kairo.

”Dari keduanya, diketahui pula bahwa terdapat 4 orang calon TKI lainnya yang berada dalam satu pesawat untuk tujuan yang sama", demikian pers rilis dari KBRI Amman, Rabu (8/1/2014).

Mengingat Mesir maupun Suriah saat ini, tidak menjadi tujuan penempatan TKI, staf KBRI itu curiga. Dia akhirnya berinisiatif mengumpulkan keenam calon TKI untuk interogasi dan didata.

Hal tersebut kemudian dilaporkan kepada Polisi dan Otoritas Imigrasi Bandara untuk diusut. Pihak KBRI juga meminta agar mereka tidak diizinkan melakukan perjalanan ke Damaskus, dan mendeportasi mereka ke Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)